SEJARAH

Berdiri sejak 22 November 1984 oleh sekelompok pemuda yang mempunyai kegemaran bergiat (bertualang) di alam bebas dan berminat berbuat sesuatu bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara. Mereka adalah Didik Z.Hans, Soemarno M.TH, Awih Zaenudin, Ende Adjie Jumara, Endang Koswara, Diding Caswadi, Andries Rustandi, Ujang Taryudi, Gouw Sutiawan dan Deddy Madjmoe.

Lahirnya Perkumpulan Pecinta Kelestarian Alam Grage atau di singkat Petakala Grage, yang sebelumnya bernama Ciremai Country Club (C3) didorong oleh anggapan bahwa seorang penggiat alam bebas, sesungguhnya dapat melakukan banyak hal yang berkaitan dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara. Upaya pemanfaatan potensi ini akan berdampak luas jika dihimpun kedalam satu perkumpulan yang terorganisir, berkualitas dan mandiri. Dengan pemikiran itulah Petakala Grage didirikan.

Petakala Grage (PG) yang faktualnya merupakan Organisasi Non Pemerintah (Ornop) merupakan sarana perwujudan partisipasi masyarakat dalam pembinaan generasi muda dibidang lingkungan hidup dan pengembangan kegiatan dialam terbuka serta tugas-tugas kerelawan dalam Eksplorer Search And Rescue (ESAR) maupun bencana alam.

Kegiatan yang dilakukan Petakala Grage mendasarkan pada profesionalisme, patriotisme, kerelawanan dan cinta alam. Dengan pilar-pilar ini diharapkan akan terbentuk sumber daya manusia yang bertanggung jawab terhadap apapun profesi yang digelutinya (professional) dengan penuh semangat kebersamaan (patriotisme) , tolong menolong serta tetap akrab (friendly) terhadap lingkungan (cinta alam).

Misi

1. Menumbuhkembangkan kesadaran anggota akan tanggungjawabnya dalam pengelolaan lingkungan hidup.
2. Mengembangkan minat dan bakat anggota dalam kegiatan di alam terbuka kearah disiplin dan profesional.(PASAL 4 AYAT 1 DAN 2 AKTA PENDIRIAN PETAKALA GRAGE)

Akte Notaris Ny. Eveline Indrawati, SH Tanggal 14 Juni 1999

NPWP : 83.105.591.8-429.000

SUSUNAN PENGURUS PETAKALA GRAGE 2016-2020