Tenaga Kesehatan Tidak Memerlukan Penghormatan Tapi Membutuhkan Perlindungan Agar Bisa Bekerja Dengan Baik dan Tidak Tertular Dari Penyakit Ini (Foto dikredit dari dr. Jack)

Oleh : Ridwan Jack Gustiana

  • Health Specialist – Immunisation di UNICEF
  • Pernah bekerja sebagai Immunisation Officer di UNICEF Pacific


Nakes bukan Superman/woman

Petisi untuk melindungi petugas kesehatan dengan alat perlindungan diri (APD) yang baik selama wabah COVID-19
(A call to protect health workers during the COVID-19 outbreak)

Yth Bapak Presiden Joko Widodo
Bapak Menteri Kesehatan; Dr. Terawan
Bapak/Ibu Gubernur : Ridwan KamilAnies Baswedan dan yg lainnya
Kepala BNPB. LetJen TNI Doni Monardo
Para Bupati
Para Kepala Dinas Kesehatan
dan siapapun yang berwenang

Mengawasi dari jauh, berinteraksi dengan para teman sejawat tenaga kesehatan yang berada di garis depan, membaca berita mengenai korban nakes, saya meminta dengan sangat untuk memprioritaskan perlindungan para nakes yang sedang berperang dengan virus NCOV-19 ini dengan APD sesuai dengan standard. Mereka berada di garis depan dan merupakan grup paling rentan terinfeksi oleh virus ini bila tidak dilindungi dengan Alat Perlindungan Diri (APD) yang baik.

Mereka bukan superman/woman yang kebal terhadap virus ini. Mereka tidak membutuhkan penghormatan dan insentif karena berperang dengan penyakit ini merupakan tugas dan kewajiban mereka sejak mereka di sumpah. Para dokter dan perawat di Puskesmas dan Rumah Sakit, Rapid Response Team, para petugas surveillance dan case investigator, petugas lab dan semua orang yang terancam bersentuhan dan pasien covid-19 harus terlindungi dengan alat perlindungan diri yang baik. Ibarat tentara yang akan perang mereka harus di persenjatai dan dilindungi dengan baik, bila tidak kita akan kalah perang.

APD yang standard/baik tidak lah susah apalagi buat negara kita yang bisa produksi hampir semua barang dengan cepat, yang diperlukan adalah hanyalah intevensi agar bisa di produksi dengan cepat dan di distribusi ke seluruh wilayah terdampak. bila tidak produksi buka chanell impor meskipun saya tidak yakin barangnya ada saat ini karena semua negara membutuhkannya.

Social distancing, locked down, karantina, dan penguatan semua pilar kesiapsiagaan dan response untuk outbreak ini tidak akan maksimal di lakukan bila para petugas kesehatan yang berada di garda utama tidak terlindungi dengan baik.

Saya pakai gambar ini untuk mengingatkan bahwa tenaga kesehatan tidak memerlukan penghormatan tapi membutuhkan perlindungan agar bisa bekerja dengan baik dan tidak tertular dari penyakit ini. Mohon ijin buat pembuat gambar ini untuk di pakai.

#ProteksiNakes#COVID19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here