Apakah Ada Pengurangan Dampak Oil Spill Ke Pantai?

Tulisan Willy Firdaus di Facebook

Bukan Hanya Masalah Kompensasi Semata, Tapi Lebih Dari Itu Adalah Masalah Pembiaran.. Kenapa Pembiaran?! Pertamina Telah Melakukan Pembiaran Oil Spill Mencemari Perairan.. Pertamina Telah Mengabaikan Kesehatan Masyarakat Pesisir Dengan Mempekerjakan Pembersihan Oil Spill Tanpa Jaminan Kesehatan Dan Alat Perlindungan Diri Yang Memadai.. Pertamina Tidak Profesional Dalam Menangani Oil Spill Sehingga Dampaknya Meluas..

Dalam Bukunya ‘Asas-Asas Hukum Pidana di Indonesia dan Penerapannya’ (hal. 165) E.Y. Kanter dan S.R. Sianturi Mengutip Pendapat Roeslan Saleh Yang Dikatakan Bersesuaian Pendapatnya Dengan Moeljatno, Kesalahan Dalam Konsep Hukum Pidana, Terdiri Dari 3 Unsur Yaitu :
1. Kemampuan Bertanggungjawab;
2. Kesengajaan (dolus) atau Kealpaan (culpa) Sebagai Bentuk Kesalahan, Dan Pula Sebagai Penilaian Dari Hubungan Batin Dengan Perbuatannya Si Pelaku;
3. Tidak Adanya Alasan Pemaaf.

Sesuai Pasal 4 ayat (2) Perma 13/2016, Dalam Menjatuhkan Pidana Terhadap Korporasi, Hakim Dapat Menilai Kesalahan Korporasi Antara Lain Dengan Parameter Sebagai Berikut:
1. Korporasi Dapat Memperoleh Keuntungan atau Manfaat dari Tindak Pidana Tersebut atau Tindak Pidana Tersebut Dilakukan Untuk Kepentingan Korporasi;
2. Korporasi Membiarkan Terjadinya Tindak Pidana; atau
3. Korporasi Tidak Melakukan Langkah-langkah Yang Diperlukan Untuk Melakukan Pencegahan, Mencegah Dampak Yang Lebih Besar dan Memastikan Kepatuhan Terhadap Ketentuan Hukum Yang Berlaku Guna Menghindari Terjadinya Tindak Pidana.

Dari 12 Juli Sampai 2 September 2019 (Saat Status Ini Dibuat) Atau 53 Hari Pasca Kebocoran YYA-1, Apakah Ada Pengurangan Dampak Oil Spill Ke Perairan?! Apakah Ada Pengurangan Dampak Oil Spill Ke Pantai?! Apakah Ada Jaminan Pekerjaan & Kesehatan Masyarakat Yang Dipekerjakan Membersihkan Oil Spill?! Jika Tidak Ada, Maka Ini Bisa Disebut KEJAHATAN LINGKUNGAN!

Sudah Sepatutnya Pertamina Di Audit, Agar Kedepan Perusahaan Kebanggaan Republik Indonesia Ini Tidak Melakukan Kesalahan Serupa Di Lokasi Sama Atau Lokasi Lainnya.. 
#AuditPertamina #TumpahanMinyak #OilSpill #Pertamina #SavePesisirKarawang#KarawangTeuDijual #KenapaKarawang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here