Screenshot Kunjungan Walhi ke TPAS Ciledug 2017

Curhat Untuk Plt Bupati Cirebon dan Anggota Dewan

Eks TPA Ciledug di Sungai Cisanggarung perbatasan Jabar Jateng yang ditutup 30 Mei 2018 masih mengepulkan asap hingga hari ini, berapa tahun terbakar ya? 

Tidak ada upaya mengembalikan fungsi keawal, reklamasi eks tpa yang luasnya lebih dari 10 hektar. Pihak Pemdes Ciledugwetan dan Cileduglor Kec. Ciledug yang tanah bengkoknya dijadikan gunungan sampah hasil dari OPEN DUMPING rupanya lelah yang penting lahan itu sudah disewa.

Eks TPAS Ciawijapurapun bernasib sama, terlantar. Berada didaerah tangkapan air. 

Pasca penutupan TPAS Ciledug, dengan berat hati Pemkab Cirebon membuka kembali eks TPAS Gunung Santri Desa Kepuh Kec. Palimanan. Disinipun tetap OPEN DUMPING seperti yang dilakukan sebelumnya. tpas ini berada didaerah tanggkapan air. Jangan pertahankan pejabat yang tidak profesional untuk mengurusnya. 

Seluas apapun lahan TPAS jika open dumping tetap akan over kapasitas. Akhirnya Pemkab Cirebon berniat membangun TPAS baru di Desa Cigobangwangi Kec. Pasaleman. Tempat inipun adalah ternyata wilayah tangkapan air dan dikenal sebagai masyarakat TUK CARINGIN (Mata Air Caringin). #Caringin adalah sebutan lain untuk tanaman Beringin. 

Sebutan Cirebon Kota Wali yang identik dan terkenal dengan kearifan menghormati sumber alamnya, adalah omong kosong belaka. Terbukti para gegeden kita mengambil kebijakan justru merudapaksa sumber daya air berupa daerah tangkapan air, sungai dan mata air. 

Kepada plt Bupati Cirebon dan para anggota dewan yang dimuliakan Gusti Allah, mohon dipertimbangkan membangun TPAS dizona TUK CARINGIN. Apakah agama dan keyakinan kita membenarkan untuk berbuat seperti itu. Apakah Bapak Plt Bupati dan para anggota dewan akan menanggung risiko bencana lebih besar lagi bagi rakyat dalam jangka panjang dan tidak ternilai dengan uang. Sudah cukup *Masyarakat DAS Cisanggarung* merasakan banjir bandang yang merendam ribuan rumah.

Kepada masyarakat Kab. Cirebon hayu kita selesaikan masalah sampah dimulai dari dan tidak keluar dari rumah kita. Tidak dibuang ke tps liar, tidak dipertanggungjawabkan kepada orang lain, apalagi diserahkan kepada pemerintah. 

Silakan iqro maning..Iqro… iqro..
#SaveTukCaringin*

Deddy Madjmoe
– Petakala Grage
– Masyarakat DAS cisanggarung
– Jagabaya Purwa Sanggarun
g

Forum Masyarakat Pasaleman Peduli Lingkungan (MPPL)
www.petakalagrage.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here